Manfaat Kebaikan

Ialah kebaikan. Dia bukan hanya membuat baik orang yang diberi kebaikan. Tetapi juga pada diri yang memberi kebaikan. Sungguh banyak manfaat yang didapat pada diri, jika kita terus berbuat kebaikan. Maka, perbanyaklah berbuat kebaikan mulai dari sekarang.

Dengan berbuat kebaikan, cahaya pada wajah, Allah munculkan. Membuat teduh bagi setiap orang yang memandang. Maka utamakanlah berwajah teduh lagi menenangkan daripada yang cantik rupawan. Karena cantik belum tentu meneduhkan. Tetapi kebaikanlah sudah pasti membuat tenang bagi orang yang memandang.

Dengan berbuat kebaikan, sinar pada hati, Allah datangkan. Senantiasa hati menjadi tentram dan mendamaikan. Tidak lagi diliput kerisauan. Menjalani hidup menjadi lebih mudah dan tenang.

Dengan berbuat kebaikan, rezeki, Allah lapangkan. Bukan hanya berupa harta rezeki itu berada. Namun, juga berada pada sehatnya tubuh dan kebahagiaan di sekeliling kita. Maka, jika ingin rezeki lapang, banyak-banyaklah berbuat kebaikan.

Dengan berbuat kebaikan, Allah tanamkan kecintaan di hati banyak orang. Karena hanya dengan berada di dekat orang yang berbuat kebaikan, orang merasa aman dan nyaman. Karena dengan berkumpul dengan sesama yang berbuat kebaikan, orang ikut menjadi baik dan menularkan kebaikan. Karena cinta berawal dari kebaikan sehingga timbullah kecintaan di hati banyak orang.

“Sesungguhnya pada kebaikan itu ada cahaya pada wajah, sinar pada hati, dan kelapangan pada rezeki, serta kecintaan di hati banyak orang.” – Abdullah bin Abbas